Saturday, September 6, 2008

MACAM-MACAM HATI

Kekayaan yang paling utama yang dimiliki oleh seorang manusia sebagaimana yang dinyatakan imam Ali Ra adalah Akal Pikiran. Karena dengan Akal Pikiran tersebutlah sesungguhnya setiap manusia dapat melakukan berbagai hal.

Namun demikian, apa yang menjadi buah Akal Pikiran seseorang senantiasa akan diwarnai oleh Hati yang menjadi asal muasal setiap perkara yang ada dalam setiap Akal Pikiran manusia, maka apabila buruk Hati, maka buruklah semua yang menjadi Buah dan Akal Pikiran, begitu pula sebaliknya.

Didalam Kitab Rijal Haular Rasul dikutip nasehat tentang Hati dari salah seorang sahabat Rasulullah SAW, yakni Abu Abdillah Al-Usi Hudzaifah bin Yaman, yang lalu dikenal sebagai Hudzaifan bin Yaman, mantan komandan perang pasukan Islam pasca Nu'man gugur, wafat pada tahun 36 H.

"Hati itu ada Empat Macam:"

1. Hati yang tertutup, itulah dia hati orang Kafir
(Al-Baqoroh 6-7)
"Innalladziina kafaruu sawaa'un 'alaihim a andzartahum am lam tumdzirhum laa yu'minuun. Khotamallaahu 'ala quluubihim wa 'ala sam'ihim wa 'ala abshoorihim ghisyaawatun wa lahum 'adzaabun 'adhiim"
Sesungguhnya orang2 kafir itu sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak, mereka tidak juga akan beriman. Allah telah mengunci mati hati dan pendengaran mereka, serta penglihatan mereka di tutup. Dan bagi mereka siksa yang berat.

2. Hati yang bermuka dua, yaitu hati orang yang munafik
(Al-Baqoroh 8 & 10)
"Waminannaasi man yaquulu aamannaa billaahi wabil yawmil aakhiri wa maa hum bimu'miniin".
"Fii quluubihim maradlun fazaada humullaahu maradlon. Wa lahum 'adzaabun aliimun bimaa kaanuu yakdzibuun"
Dari sebagian manusia ada yang mengatakan; kami beriman kepada Allah dan hari akhir, padahal mereka sesungguhnya bukan orang2 beriman.
Dalam hati mereka ada penyakit, lalu di tambah oleh Allah penyakitnya, dan bagi mereka siksa yang pedih disebabkan dusta mereka.
Penyakit: kelemahan keyakinan terhadap kebenaran Risalah Muhammad SAW.

3. Hati suci bersih (tidak meragu), itulah hati orang yang beriman
(Al-Baqoroh 2 & 5)
"Dzaalikal kitaabu laa rayba fiihi hudan lil muttaqien"
"Ulaaika 'ala hudan min robbihim wa ulaaika humul muflihuun"
Kitab Al-Qur'an yang tidak ada keraguan padanya dan petunjuk bagi orang2 yang bertaqwa.
Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya dan merekalah orang2 yang beruntung.

4. Hati yang berisi keimanan dan sekaligus kemunafikan, dimana salah satu diantaranya yang paling kuat, itulah yang akan menang.

No comments: