Saturday, September 6, 2008

ADAB TERHADAP DIRI SENDIRI Oleh : Rudi Chaerudin, A.Md

1. Taubat (At-Tahrim 8)
"Yaa ayyuhalladziina aamanuu tuubuu ilallaahi taubatan nashuuhaa, 'asaa rabbakum an yukaffiru 'ankum sayyi'aatikum wa yudkhilakum jannaati tajrii min tahtihal anhaaru.."
"Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kamu kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, semoga Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam syurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai..."

2. Muhasabah / Introspeksi Diri (Al-Hasyr 18)
"yaa ayyuhalladziina aamanuu ittaqullaaha wal tandhur nafsun maa qoddamat lighoddin, wattaqullaaha innallaaha khobiirun bimaa ta'maluun"
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang di perbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan".

3. Muraqabah / Merasa Diawasi Allah (Al-Baqarah 235)
"...ya'lamuu annallaaha ya'lamu maa fii anfusikum, fahdzaruuhu, wa'lamuu annallaaha ghofuurun rahiem"
"...Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa-apa yang ada dalam hatimu (jiwamu), maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha pengampun lagi penyayang".

4. Mujahadah / Bersungguh/sungguh (Al-Ankabuut 69)
"Walladziina jaahaduu fiina lanahdiyannahum subulanaa, wa innallaaha lama'al muhsiniin".
"Dan mereka orang-orang yang bersungguh (mencari Ridlo) Kami, maka Kami akan menunjukkan bagi mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik".

No comments: